Jika anda pernah menerima SMS penawaran produk dari nomor yang tidak anda kenal, itu salah satu bagian dari pemasaran masal. Pemasaran jenis ini tidak mengenal siapa yang akan menerima penawaran. Semua penerima penawaran disejajarkan tanpa adanya skala prioritas atas pengelompokan sesuai minat dan kesukaan.
Target dari pemasaran masal adalah menyampaikan isu sebesar-besarnya kepada khalayak. Biasanya pemasaran masal ini dilakukan dengan iklan di radio, televisi, surat kabar dan tentunya adalah melalui sms broadcast. Untuk yang terakhir ini, sms sebenarnya tidak dianjurkan bahkan cenderung dilarang, karena hal ini sering kali mengganggu seseorang yang tidak membutuhkan informasi penawaran.
Sederhananya, dengan pemasaran masal, diharapkan dapat mendongkrak penjualan sebesar-besarnya. Tentunya, pemasaran masal ini biayanya lebih besar.Pemasaran masal ini tidak hanya digunakan untuk produk, tapi juga dalam dunia politik seperti pemilihan anggota legislatif parlemen.
Pemasaran masal berlawanan dengan pemasaran niche yang cenderung fokus pada objek pemasaran. Target yang dibidik dipilah dengan hati-hati dan disesuaikan dengan minat dan keinginan calon pelanggan. Pemasaran niche ini biasanya dilakukan oleh pengembang produk terbatas, seperti barang mewah, edisi terbatas, barang unik dan barang lainnya yang tidak dapat mencakup pemasaran secara besar-besaran.
Antara pemasaran masal dan pemasaran niche keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan. Kita perlu memilih dan memilah produk apa yang akan kita pasarkan, sehingga jelas, jenis pemasaran mana yang cocok untuk diterapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.
Target dari pemasaran masal adalah menyampaikan isu sebesar-besarnya kepada khalayak. Biasanya pemasaran masal ini dilakukan dengan iklan di radio, televisi, surat kabar dan tentunya adalah melalui sms broadcast. Untuk yang terakhir ini, sms sebenarnya tidak dianjurkan bahkan cenderung dilarang, karena hal ini sering kali mengganggu seseorang yang tidak membutuhkan informasi penawaran.
Sederhananya, dengan pemasaran masal, diharapkan dapat mendongkrak penjualan sebesar-besarnya. Tentunya, pemasaran masal ini biayanya lebih besar.Pemasaran masal ini tidak hanya digunakan untuk produk, tapi juga dalam dunia politik seperti pemilihan anggota legislatif parlemen.
Pemasaran masal berlawanan dengan pemasaran niche yang cenderung fokus pada objek pemasaran. Target yang dibidik dipilah dengan hati-hati dan disesuaikan dengan minat dan keinginan calon pelanggan. Pemasaran niche ini biasanya dilakukan oleh pengembang produk terbatas, seperti barang mewah, edisi terbatas, barang unik dan barang lainnya yang tidak dapat mencakup pemasaran secara besar-besaran.
Antara pemasaran masal dan pemasaran niche keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan. Kita perlu memilih dan memilah produk apa yang akan kita pasarkan, sehingga jelas, jenis pemasaran mana yang cocok untuk diterapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment