Breaking News
Loading...
Sunday, November 8, 2015

Mengenal ragam niche yang populer di dunia online

2:35 PM




            Pembahasan mengenai mengenal ragam niche yang populer di dunia online, tidak akan terlepas dari pembahasan mengenai dunia blog. Pada awalnya, blog hanyalah seperti buku catatan harian dalam dunia internet yang bisa diakses siapapun. Namun, seiring dengan perkembangannya,blog telah berkembang menjadi beberapa fungsidan jenis.
            Menurut wikipedia, blog berasal dari kata web log. Yaitu sebuah tulisan yang diposting pada halaman web secara umum. Seiring dengan perkembangannya, blog telah menjadi sebuah aspek tersendiri yang digolongkan berdasarkan fungsi dan jenisnya. Berdasarkan fungsi dan jenisnya, blog dibagi menjadi beberapa macam. Antara lain blog pribadi, blog otoritas, blog niche, blog resmi, blog citizen, dan blog spam.
            Blog pribadi adalah blog yang dibuat oleh personal yang fungsinya hanya untuk kesenangan saja. Blog otoritas adalah blog yang ditulis sedikit lebih serius jika dibandingkan dengan blog pribadi. Tujuannya, agar si pemilik blog bisa menjadi ahli di bidang yang sedang dibahas pada blognya. Sedangkan blog citizen adalah blog yang dibuat tidak hanya oleh satu orang saja. Tapi sekelompok orang yang mempunyai pemikiran yang sama. Dan yang terakhir adalah blog spam. Blog spam adalah blog tidak penting alias dibuat untuk asal-asalan saja. Tidak mementingkan isi. Tidak juga mementingkan banyak sedikitnya pengunjung.
            Nah, untuk membahas tentang mengenal ragam niche yang populer di dunia online, disini kita hanya membahas tentang blog niche saja. Blog niche adalah sebuah blog yang digarap secara serius yang mengangkat satu tema tertentu pada keseluruhan isi blog. Hampir sama dengan blog otoritas. Bedanya, kalau blog otoritas membahas tentang banyak tema dari keseluruhan isi blog. Contoh blog niche adalah misalnya blog yang hanya membahas tentang kesehatan, hanya membahas tentang pernikahan, hanya membahas tentang pendidikan, dan berbagai bahasan khusus lainnya pada keseluruhan isi blog.
            Blog niche ini mempunyai banyak jenis. Diantaranya :
1.      Whole Niche
            Whole Niche adalah sebuah blog yang membahas tentang seluruh isi topik. Misalnya, kita akan membahas tentang masalah pernikahan. Dalam pemabahasan tentang pernikahan ini, maka kita akan membahas tentang masalah pernikahan. Mulai dari merancang pernikahan, prosesi pesta pernikahan, hingga membahas tentang bagaimana hidup berumah tangga.

2.      Broad Nice
            Hampir sama seperti whole niche. Tapi bedanya, broad niche hanya membahas tentang satu topik khusus tertentu saja. Misalnya blog kita membahas tentang pernikahan. Maka yang dibahas hanya masalah pesta resepsi pernikahan saja. Tentang bagaimana merancang gaun pengantin, merancang dekorasi, memilih wedding organizer, memilih catering, dan lain sebagainya. Tidak sampai membahas tentang kehidupan rumah tangga pasca pernikahan.

3.      Theme Niche
            Lebih spesifik lagi daripada broad niche. Kita masih menggunakan contoh tema tentang pernikahan. Pada Theme Niche ini kita tidak membahas tentang pesta resepsi secara keseluruhan. Tapilebih fokus pada bagaimana memilih gaun pengantin yang akan kita pakai untuk pesta pernikahan.

4.      Micro Niche
            Micro Niche adalah mikro yang lebih sempit lagi daripada theme niche. Jika dalam micro niche kita membahas tentang merancang gaun pernikahan, maka dalam micro niche ini hanya membahas gaun pernikahan muslimah saja. Jadi, jangkauannya lebih sempit lagi.



            Itulah sedikit tulisan mengenai mengenal ragam niche yang populer di dunia online yang bisa menjadi dasar bagi kita untuk memutuskan akan membuat blog niche apa.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer