Breaking News
Loading...
Monday, November 9, 2015

Bagaimana menjalin kerja sama bisnis di dunia maya

3:15 PM


            Berbicara masalah membangun networking dalam dunia bisnis online, tak terlepas dari sebuah pertanyaan mengenai bagaimana menjalin kerja sama bisnis di dunia maya.Di dunia yang serba online seperti sekarang ini, proses pemasaran dan penjualan sebuah produk pun dijalankan secara online juga. Dengan adanya pemasaran secara online, pelaku bisnis tak banyak mengeluarkan tenaga dan materi sebagai langkah untuk memperluas pemasaran produknya. Cukup hanya membuat sebuah website atau blog sebagai media untuk menawarkan produknya. Sehingga para customer takperlu jauh-jauh datang ke outlet atau toko penjualan. Cukup duduk manis di depan internet, memilih barang yang ditawarkan dan memutuskan untuk membelinya.
            Namun pada banyak hal, untuk sebuah pemasaran yang mempunyai dampak jangka panjang bagi perusahaan, tidak mungkin dilakukan secara individu dari perusaahaan itu sendiri. Harus mempunyai rekanan bisnis yang bisa menjadi tangan panjang agar jangkauan pemasaran lebih luas. Salah satunya yaitu dengan cara bekerja sama dengan reseller.
            Apa yang disebut dengan reseller? Reseller berasal dari kata re yang berarti kembali dan seller yang berarti penjual. Jadi, reseller adalah seseorang atau instansi yang menjual kembali sebuah produk dari pelaku bisnis yang lain dengan harapan akan mendapat imbalan. Keberadaan reseller tidak hanya mempermudah sebuah proses pemasaran dan penjualan.Tapi juga membuka lebih luas lagi kesempatan produk kita untuk bisa menembus pasar. Sehingga diharapkan keuntungan akan jauh lebih besar jika kita menjalin kerja sama dengan reseller.
            Apa saja keuntungan dari bagaimana menjalin kerja sama bisnis di dunia maya dengan reseller ini? Selain telah disebutkan di atas, manfaat lainnya adalah sekali mendayung, lima benua terlampaui. Dalam kurun waktu yang sama. Misalnya satu bulan. Kita bisa membandingkan. Antara memasarkan sendiri dengan kita menjalin kerjasama dengan beberapa reseller. Hasilnya pasti akan beda. Karena resellernya banyak, maka penjualan akan lebih banyak. Keefektifan dan keefisienan waktu lebih bisa dikendalikan jika kita menjalin kerja sama dengan reseller.
            Bagaimana menjalin kerja sama bisnis di dunia maya dengan reseller ini selain bisa dilihat dari sisi positif, bisa juga dilihat dari sisi negatif. Sisi negatifnya adalah, kita harus memberi harga lebih murah pada reseller daripada harga yang kita beri pada konsumen akhir. Sehingga keuntungan lebih kecil. Ini adalah bagian dari resiko bisnis online. Namun, pada sebuah teori tentang resiko bisnis, resiko memang tidak bisa dihilangkan. Tapi bisa diminimalisir. Dengan perhitungan yang cukup jeli, kita pasti bisa memperkirakan berapa penjualan yang bisa dilempar ke reseller, dan berapa penjualan yang harus kita tangani sendiri. Dengan demikian, resiko akan bisa diminimalisir.
            Selain itu, untuk membangun sebuah brand, kita juga perlu melegitimasi toko online kita. Sebaiknya kita mematenkan nama toko online kita dengan brand yang sesuai spesifikasi produk bisnis kita. Sehingga merk produk tetap dikenal oleh masyarakat meskipun banyak orang berbelanja pada beberapa reseller yang bekerjasama dengan kita.
            Hal terpenting yang harus kita fikirkan saat kita ingin bekerja sama dengan reseller adalah kemampuan sumber daya yang kita miliki dengan permintaan konsumen. Menjalin kerjasama dengan reseller di berbagai daerah mengandung sebuah konsekuensi bahwa kita harus menyediakan produk di daerah yang ada resellernya. Agar kita tidak terlalu banyak mengeluarkan ongkos kirim jika ada reseller daerah yang meminta produk pada kita untuk dijual kembali. Demikian pembahasan tentang bagaimana menjalin kerja sama bisnis di dunia maya.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer