Breaking News
Loading...
Tuesday, December 22, 2015

Mengenal Bisnis Investasi Reksadana

8:37 AM

Mengenal bisnis investasi reksadana adalah satu hal yang sangat penting karena reksadana merupakan cara termudah dan termurah untuk berinvestasi. Untuk menjalankan investasi ini tidak perlu modal besar. Mulai dengan nominal 100 ribu rupiah sudah dapat berinvestasi. Sehingga tidak heran jika reksadana merupakan bisnis investasi terpopuler mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, petani, PNS sampai pengusaha. Yang menjadi daya tarik dari reksadana adalah mudahnya bertransaksi dan keuntungan yang diberikan jauh lebih besar dari deposito dan tabungan.

Reksadana merupakan media untuk berinvestasi secara kolektif. Karena uang investor dikumpulkan pada satu perusahaan yang mengelola investasi. Lalu uang tersebut dimasukkan pada satu saham dalam beberapa perusahaan dan bisnis yang berbeda-beda. Sehingga setiap produk reksadana mempunyai tempat berinvetasi masing-masing, sesuai jenis produknya. Oleh karena itu, mengenal bisnis investasi reksadana bisa dijadikan cara praktis dalam berinvestasi saham pada banyak perusahaan sekaligus dengan modal yang terjangkau.

Mengenal bisnis investasi reksadana, menabung atau membeli saham?

Perlu diketahui bahwa menabung untuk saat ini kurang menarik sebagai bentuk investasi. Karena tingkat return-nya sangat rendah. Bahkan bisa jauh lebih rendah dari pada rata-rata inflasi setiap tahunnya. Menabung hanya menyimpan uang bukan untuk investasi. Sedangkan membeli saham masih perlu pemahaman dan tidak semua orang mengerti. Perlu waktu panjang untuk menganalisa. Investasi saham nasibnya ditentukan pada perusahaan yang sahamnya kita beli.
Sedangkan untuk investasi reksadana, para investor tidak perlu khawatir dan repot karena semuanya langsung ditangani oleh perusahaan investasi. Perusahaan ini memiliki izin resmi untuk mengumpulkan investasi dari kalangan masyarakat. Nantinya dana yang ditanam akan disebar pada beberapa instrumen investasi. Sehingga keuntungan dan resiko ditentukan oleh beragam faktor. Selain itu, reksadana juga bisa dijadikan modal investasi dengan nilai yang kecil. Dulunya memang harus menggunakan modal besar, namun saat ini pemerintah membantu supaya masyarakat ikut andil dalam berinvestasi.
Kelebihan mengenal bisnis investasi reksadana
Berikut ini beberapa alasan mengapa reksadana efektif untuk investasi masyarakat, antara lain:
-          Modalnya kecil
Mulai dari 100 ribu rupiah sudah bisa melakukan investasi. Bisa menambah sesuai dana yang ada dan disamakan dengan tujuan berinvestasi yang diharapkan. Dengan modal yang kecil seluruh masyarakat bisa mempunyai investasi reksadana.

-          Potensi hasil tinggi
Untuk jangka panjang investasi reksadana sangat efektif untuk persiapan masa depan, dana pendidikan dan berbagai macam rencana yang lainnya.

-          Mudah dicairkan
Investasi reksadana lebih mirip dengan tabungan. Yaitu mudah untuk proses pencairannya. Uang yang ditarik akan masuk ke rekening bank investor dalam jangka waktu 7 hari saja.

-          Jauh lebih aman
Resiko yang terjadi lebih tersebar karena dana investasi ditanamkan ke puluhan perusahaan. Sehingga ketika mengalami penurunan saham pada satu perusahaan tidak berpengaruh pada nilai investasi saham pada perusahaan yang lainnya. Justru bisa mengalami kenaikkan saham. Tentunya investasi reksadana jauh lebih aman dibandingkan jenis investasi yang lainnya.

-          Mudah dipantau
Investor mudah memantau nilai investasi reksadana setiap waktu baik melalui media massa maupun secara online melalui komputer dan handphone. Hal ini efektif bagi kalangan masyarakat yang memiliki pekerjaan yang selalu pindah-pindah tugas. Investasi yang dilakukan bisa dipantau kapanpun dan dimanapun.

-          Dikelola oleh pihak yang berpengalaman dan profesional
Ketika sudah berinvestasi reksadana maka telah menanamkan uang dalam beberapa usaha yang produktif. Sebagaimana investasi obligasi, saham dan lain sebagainya. Hanya saja di investasi reksadaan tidak perlu ribut dengan analisa pasar, memahami potensi bisnis dan lain-lain. Semua dikelola dan dilaksanakan oleh pihak yang berpengalaman dan profesional. Yaitu manajer investasi yang legal dengan izin yang resmi untuk proses pengelolaan dana.

Itulah investasi reksadana yang perlu dan wajib dipahami. Terutama bagi kalangan generasi penerus bangsa untuk lebih produktif menyisihkan uangnya dengan melakukan investasi mulai dari dini. Hal ini sangat diperlukan supaya menyambut masa depan jauh lebih cerah dengan mengatongi investasi reksadana yang berpotensi memberikan keuntungan yang menjanjikan. Semoga ulasan mengenal bisnis inveatsi reksadana bisa dijadikan pelajaran dan rekomendasi bagi seluruh masyarakat untuk berinvestasi menyambut masa depan.


0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer